Search This Blog

Monday, November 22, 2010

PAHALA DI SEKITAR KITA


BISMILAH
  • UCAPKAN Bismillahirrohmanirrohim (dengan nama Allah Sang Pengasih dan Sang Penyayang) dalam hampir semua awal kegiatan Anda, niscaya apa pun perbuatan (baik) Anda memiliki kandungan nilai ibadah. Ketika Anda menenggak air putih di gelas Anda, memulai berdandan (mengenakan pakaian), dan melangkahkan kaki (kanan) Anda keluar dari rumah untuk bekerja.
KEHIDUPAN RUMAH TANGGA
  • Buat para ibu rumah tangga, atau bahkan para pembantu, baca Bismillah ketika Anda mulai memasukkan air ke dalam ceret untuk memanaskan air, baca lagi Bismillah ketika Anda menghidupkan kompor (gas), baca juga Bismillah ketika Anda mengangkat ceret dari kompor.
  • Bagi para ibu rumah tangga, jika Anda ikhlas melakukannya, ada nilai-nilai pahala ketika Anda membikinkan kopi untuk suami Anda. Pahala ketika Anda mengambil gelas, mengambil sendok, mengambil kopi dan gula, menuangkan air panas ke dalam gelas, mengaduknya, dan menyuguhkannya dengan senyuman manis Anda.
  • Ada nilai pahala pada saat Anda membuat masakan untuk keluarga Anda. Beras yang Anda masak, lauk pauk yang Anda suguhkan, sayur mayur yang Anda racik, akan menjadi saksi Anda. Ada nilai pahala ketika Anda mencuci beras untuk dimasak, mengiris bawang dan cabai untuk bumbu masakan Anda, pada kecap yang Anda tuangkan, pada minyak goreng yang Anda tuangkan, pada adukan-adukan yang Anda lakukan saat Anda memasak, pada keikhlasan Anda menyuguhkannya di atas meja makan bagi keluarga Anda.
  • Bagi seorang istri, ada nilai pahala ketika Anda menyambut kedatangan suami Anda (dari kantor) dengan seulas senyum manis (walaupun misalnya dia belum juga gajian), nilai pahala ketika Anda menyodorkan segelas minuman segar (cukup air putih, misalnya) ke hadapannya, membukakan jaketnya (kalau dia naik sepeda motor), mengambil tas yang dibawanya. Dan dalam hati, ucapkan Alhamdulillah karena suami Anda sudah dengan selamat tiba di rumah. Apalagi jika kemudian Anda juga memanaskan air untuk suami Anda mandi jika suami Anda terbiasa mandi dengan air hangat.
TIDUR
  • Di tempat tidur, ada nilai pahala jika Anda melayani ajakan suami untuk berhubungan badan. Jangan pernah menolak kecuali Anda sedang menstruasi. Katakan jika Anda memang sedang sangat lelah, namun tetap bersiap diri untuk melayaninya. Suami yang baik bisa saja membatalkan keinginannya jika tahu Anda memang sedang sangat lelah. Malaikat mengutuk tidur Anda hingga pagi hari jika Anda menolak ajakan suami Anda tanpa alasan yang dapat dipertanggung jawabkan.
  • Berhubungan badan, selain Anda bisa melampiaskan kebutuhan biologis, juga mengandung nilai pahala jika Anda melakukannya sesuai dengan tata cara agama.
  • Berpakaian rapi, memberi wewangian pada tubuh, bagi para ibu rumah tangga, juga mengandung nilai pahala jika Anda meniatkan hal itu untuk menyenangkan suami Anda (bukan suami tetangga).
BERPAKAIAN
  • Ketika Anda mengenakan pakaian Anda, kenakan yang kanan lebih dulu, belakangkan yang kiri.
TOLONG MENOLONG
  • KETIKA Anda menemukan benda tajam seperti duri, paku, beling, dan sejenisnya di jalanan yang biasa dilalui manusia, maka Tuhan menyediakan pahala bagi Anda karena berarti Anda ikut melindungi makhluk Tuhan lainnya.
  • ULURKAN tangan Anda bagi seseorang yang mungkin terjatuh di jalan karena licin atau terpeleset. Jangan cuma menertawakannya.
  • BILA Anda berada dalam sebuah kendaraan dan akan melintasi jalanan berair karena hujan atau sejenisnya, hindari sedapat mungkin atau setidaknya kurangi kecepatan agar air yang Anda lindas tak menimbulkan dampak cipratan air yang bisa mengenai orang lain yang berada di sekitarnya.
  • ADA nilai pahala jika Anda mendatangi teman atau saudara Anda yang sedang sakit. Pahala pada senyuman Anda, kata-kata Anda yang menghiburnya, dan mungkin bantuan materi jika Anda memilikinya.
  • BERPAHALA jika Anda menemukan uang atau barang berharga lainnya di jalan umum dan mengembalikannya kepada pihak-pihak yang berwenang. Jika kemudian pihak bersangkutan mengambil untuk kepentingannya sendiri, itu bukan lagi urusan Anda, tapi urusan dia dengan Tuhan.
  •  
INTERAKSI
  • LEMPARKAN senyuman kepada seseorang yang Anda temui di jalan dan kebetulan matanya bersirobok dengan mata Anda. Membuat seseorang merasa bahagia, merasa dihargai, tersedia pahala untuk Anda. Tapi, jangan tersenyum kepada setiap orang yang Anda jumpai. Anda layak disebut sakit jiwa.
  • BERBASA-basilah sekadarnya (bukan menyelidik) jika Anda bertemu dengan seseorang yang mungkin Anda kenal. Tanyakan keadaannya, keluarganya.
AIR
  • SEKALI waktu Anda mungkin menyisakan air dalam sebuah botol atau gelas kemasan. Daripada Anda buang begitu saja, ada pahala jika Anda membuang air itu pada tetumbuhan yang ada di sekitar Anda. Tapi, jangan buang-buang waktu Anda untuk mencari-cari tumbuhan jika memang tak ada di sekitar Anda.
  • JANGAN buka kran air secara penuh jika Anda sedang berwudlu sekalipun. Hemat air berarti Anda juga ikut memikirkan masa depan generasi berikutnya. Dan ada juga pahala untuk itu.
MAKAN DAN MINUM
  • Standing party bukanlah cara-cara Islam. So, jika Anda kebetulan hadir dalam pesta perkawinan dan Anda makan, cari kursi dan makan sambil duduk dan Anda pun mendapatkan nilai pahala. Jangan lupa, baca Bismillah ketika memulai makan dan tutup dengan Alhamdulillah sesudahnya.
  • Minumlah air dengan tangan kanan dan sambil duduk. Jika tangan kanan Anda kotor dan Anda tak ingin mengotori gelas Anda, tumpu belakang tangan kanan Anda pada tangan kiri yang sedang memegang gelas minuman.
BUANG AIR KECIL DAN BESAR


 Catatan: Ini naskah rintisan saya. Yang ingin menambahkan, dipersilakan. Terima kasih.







No comments: