Search This Blog

Sunday, April 24, 2011

Lake Situ Gede Bogor


Danau Situ Gede Bogor
Danau Situ Gede Bogor, merupakan danau kecil (semacam setu atau telaga) di Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat, Kota Bogor. Letaknya di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Panorama hutan Cifor dengan tanaman perkebunan karet ditunjang suasana di lokasi yang masih tenang dan asri merupakan potensi yang sangat menjual bagi promosi wisata setu.

 Dulu, di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak dihuni berbagai burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat pula dua buah anak danau yang merupakan bagian dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung. Warga sekitar meyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang, senjata khas masyarakat Jawa Barat. Sayang kini Situ Leutik telah menghilang. Situ Burung sendiri berada di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.
Lokasi wisata ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebetulnya berdekatan, atau berada dalam satu sistem dengan beberapa situ yang lain di dekatnya.  Tidak berapa jauh dari danau ini terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research; dan ICRAF, The World Agroforestry Center), Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga
Telaga memiliki luas sekitar 6ha dan merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron. Saat menjelang bulan puasa, biasanya juga diadakan acara ‘Ubek Setu’ atau menangkap ikan dengan cara terjun beramai-ramai ke danau.
Untuk mencapai lokasi danau, bagi mereka yang datang dari arah Kota Bogor bisa langsung melalui jalan Gunung Batu-Terminal Bubulak-Situ Gede. Warga Jakarta dan Cibinong dapat melalui Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin-Terminal Bubulak. Danau Situ Gede juga difungsikan sebagai irigasi pertanian dan perkebunan masyarakat sekitar.

Jenis: Danau
Lokasi: Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat, Kota Bogor
Luas: 6 hektare
Jarak: 10km dari Kota Bogor

Perkayaan sumber antara lain dari:
http://id.wikipedia.org/wiki/Situ_Gede
http://bagja2000.multiply.com/journal/item/23
http://www.kotabogor.go.id/index.php?Itemid=101&id=3841&option=com_content&task=view
http://www.indonesiaindonesia.com/f/15061-situ-gede-salah-satu-potensi-wisata/
http://www.potlot-adventure.com/wp-content/uploads/2009/01/situgede.jpg

1 comment:

Dildaar Ahmad Dartono said...

Artikel yg menarik dan bagus..