Search This Blog

Saturday, May 21, 2011

Alas Purwo National Park



Alas Purwo, Taman Nasional – Terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hutan ini diresmikan sebagai Taman Nasional melalui SK Menteri Kehutanan pada 26 Februari 1992. Kawasan ini teretak pada ketinggian 0-322 m di atas permukaan laut. Kawasan tertinggi terdapat di Gunung Lingga Manis (322m dpl). Di hutan ini terdapat hutan bambu (40%), hutan bakau (mangrove), hutan tanaman, hutan alam, dan padang penggembalaan. Dari 40% hutan bambu, terdapat sedikitnya 13 jenis bambu sementara pada bagian lainnya tercatat 584 jenis tumbuhan. Kondisinya yang masih alami menjadi habitat sejumlah satwa liar seperti lutung budeng, banteng, ajag rusa, macan tutul, kucing bakau, burung merak, dan ayam hutan. Jenis burung yang sudah teridentifikasi sebanyak 236 jenis. Letaknya yang di pinggir pantai juga menjadi arena yang cocok untuk para penggemar selancar air di

Pantai Plengkung atau G-Land hingga Pantai Pancur (8km) Pantai lainnya adalah Segara Anakan, Pantai Trianggulasi, dan Pantai Ngagelan. Para pelancong juga bisa menikmati penyu lekang, penyu belimbing, penyu sisik, dan penyu hijau. Keanekaragaman jenis fauna di kawasan ini  dapat dibedakan menjadi 4 kelas yaitu Mamalia, Aves, Pisces dan Reptilia. Jenis mamalia tercatat sebanyak 31 jenis. Alas Purwo dalam bahasa Jawa berarti Hutan Tertua dan karenanya dianggap keramat dan karenanya juga cocok bagi para penggemar wisata sejarah dan ziarah. Di beberapa tempat terdapat lokasi untuk bersemedi, khususnya bagi penganut Hindu di Pura Luhur Giri Salaka. Gua lain yang dianggap keramat adalag Gua Padepokan, Gua Istana, Gua Putri, dan Gua Macan. Seluruhnya, Alas Purwo memiliki 40 gua alam dan gua buatan. Salah satu yang terkenal adalah gua buatan Gua Jepang. Terdapat sejumlah mata air di Gunung Kuncur, Gunung Kunci, Goa Basori, dan Sendang Srengenge. Secara umum, kawasan yang dikenal sebagai Semenanjung Blambangan ini dibagi dalam Zona Inti (17.200 hektare), Zona Rimba (24.767), Zona Pemanfaatan (250), dan Zona Penyangga (1.203). Alas Purwo terletak sekira 290km dari arah timur Kota Surabaya. Dari Banyuwangi, pengunjung bisa naik angkutan hingga Pasar Anyar (65km) untuk kemudian ke Rawa Bendo.

Alas Purwo
Jenis: Taman Nasional
Peresmian: 26 Februari 1992
Pendiri: -
Lokasi: Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Jarak: 290km dari Kota Surabaya
Fasilitas: Jagawana, mobil untuk penjelajahan, lokasi perkemahan, penginapan, rumah makan, warung-warung.
Informasi: Balai Taman Nasional Alas Purwo, di Jalan Achmad Yani no. 108 Banyuwangi 68416, Jawa Timur, Telp. 0333-410857, Faks. 0333-428675.
Perkayaan Sumber antara lain dari:
Read more: http://www.wisatanesia.com/2010/05/taman-nasionalalas-purwo.html#ixzz1N244XkvS
http://www.wisatanesia.com/2010/05/taman-nasionalalas-purwo.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Alas_Purwo
Sumber Foto: http://imassofyan.multiply.com
Sumber Foto: http://imassofyan.multiply.com
http://mahatalaunjani.blogspot.com/2007/01/taman-nasional-alas-purwo.html





1 comment:

DAPUR ABA said...

Naskah ini terbuka untuk koreksi. Jika Anda berkenan. Terima kasih...