Search This Blog

Monday, May 16, 2011

Balekambang Beach

Pantai Balekambang, Malang -- Balekambang merupakan tempat wisata pantai cukup menawan di desa Srigonco, Kecamatan Bantur --sekitar 57 km ke selatan dari Kota Malang, Jawa Timur. Pantai membentang sekira 2 km dengan lebar sekira 200m. Pantai ini memiliki tiga pulau dengan jarak sekira 100m meter masing-masing --dua di antaranya telah terhubung dengan jembatan selebar 1m dari pantai. Di salah satu pulau, Ismoyo, terdapat sebuah candi Hindu, tempat di mana saban tahun digelar upacara adat Jalanidhipuja (upacara Hindu) dan Suran atau Suro (Upacara Tahun Baru Jawa). Dua pulau lainnya adalah Pulau Anoman dan Wisanggeni.



            Pantai Balekambang yang dipenuhi dengan karang laut ini dapat dicapai melewati Kec. Gondanglegi dan Kec. Bantur atau lewat Kec. Kepanjen dan Kec. Pagak untuk kemudian masuk ke Kec. Bantur. Mulai Juli 2011, akses jalan menuju Balekambang akan diperbaiki, khususnya kawasan-kawasan yang rusak parah. Jalan yang akan diperbaiki itu panjangnya 3km dengan lebar 4,5m. Selain itu, juga direncanakan penyediaan arena permainan.
            Pantai Balekambang memiliki area parkir luas, area perkemahan, rumah-rumah makan, bungalo-bungalow sederhana, toko suvenir, musholla, dan kolam renang. Namun, untuk pengunjung, disarankan juga membawa krim tabir surya untuk menjaga kulit dari sengatan sinar matahari.

Pantai Balekambang
Jenis: Pantai
Berdiri: -
Pendiri: -
Lokasi: Desa Srigonco, Kec. Bantur, Malang
Jarak: 57-60 dari Kota Malang
Link narasumber antara lain:
http://travel.kompas.com/read/2011/03/08/1940147/Jalan.Menuju.Pantai.Balekambang.Rusak
http://www.navigasi.net/goart.php?a=ptbalkmb
http://www.budpar.go.id/page.php?ic=39&id=1131

No comments: