Search This Blog

Saturday, April 23, 2011

Castle Willem II Ungaran, Indonesia

Benteng Willem II Ungaran

Benteng Willem II Ungaran disebutkan dibuat Belanda pada 1786. Benteng ini menjadi situs wisata sejarah yang amat penting untuk di kunjungi. Benteng Willem II Ungaran merupakan saksi penyerahan Pulau Jawa oleh seorang sultan kepada pemerintah kolonial Belanda.
            Benteng yang berlokasi di sisi jalan raya Semarang-Solo di depan Gedung DPRD Ungaran ini dapat berfungsi sebagai landmark Kota Ungaran.
Sejumlah tokoh menyebutkan nama benteng pada awalnya adalah Benteng Oenarang dan bukan Benteng Willem II. Karena itu, banyak tokoh sejarah di Semarang menginginkan nama benteng dikembalikan ke nama awal. Nama Willem II mengesankan benteng ini lebih muda dibandingkan Benteng Willem I di Ambarawa, sementara berdasarkan sejumlah petunjuk, Willem II justru lebih dulu dibangun dibandingkan Willem I.
            Menurut sumber ini, Benteng Oenarang dibangun pada 1712 (bukan 1786), sedangkan Benteng Willem I diperkirakan dibangun pada tahun 1800-an. Sumber lain menyebutkan, Benteng Willem II dibangun pada 1740-1742 saat terjadi Perang Cina. Gubernur Jenderal Baron van Imhoff pernah dirawat di benteng ini karena serangan pasukan Surakarta pada 1742.
Pada 1826 benteng ini diserang pasukan Diponegoro dari arah Rembang dan hampir jatuh ke tangan pasukan Kiyai Mojo setelah dikepung selama dua pekan. Pada Agustus 1830 benteng digunakan sebagai tempat menahan Pangeran Diponegoro selama tiga hari setelah ditangkap di Magelang sebelum dibawa menumpang kapal Pollux di Semarang untuk diadili ke Batavia (Jakarta)
.           Sejak April 2011 benteng ini mulai direnovasi untuk dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Selain itu, benteng ini juga akan dijadikan sebagai pusat penelitian sejarah, museum, ruang pamer, seminar, kegiatan kesenian, dan perpustakaan. Renovasi melibatkan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng.

Benteng Willem II Ungaran
Jenis: Benteng
Berdiri: 1786
Pendiri: Belanda
Lokasi: Ungarann
Jarak: 35km dari Kota Ambarawa

Perkayaan sumber:

No comments: