Search This Blog

Friday, April 22, 2011

Waterfall Curug Luhur


CURUG Luhur adalah objek wisata air terjun di Kecamatan Ciomas, Bogor. Tingginya 624 m. Curug dengan dua air terjun sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta atau sekitar 20km dari Kota Bogor. Jarak dari Curug Nangka sekitar 1-2km.
Tersedia angkutan umum untuk mendatangi curug ini karena lokasinya persis di samping jalan raya Bogor-Gunung Salak Endah. Jalan menuju lokasi curug terbuat dari semen. Ada limpahan air yang mengalir deras pada dinding tanah dengan ketinggian sekira 2m ketika pengunjung mendekati lokasi curug.
Awalnya, Curug Luhur hanya memiliki satu air terjun. Namun, penduduk sekitar membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya dan terciptalah air terjun baru. Panoramanya pun jadi semakin indah. Arus air di curug ini kuat dan cukup berbahaya. Demikian pula di bawahnya terdapat pusaran air yang kuat dan dapat menyeret orang ke dalamnya. Selain itu, Curug Luhur juga memiliki beberapa kolam buatan dan airnya disengaja melimpah dan berbunyi khas.
            Pengunjung dari Jakarta, dapat keluar di Bukit Sentul, berbelok ke kiri dan masuk ke Perumahan Bukit Sentul. Setelah itu, belok kanan setelah melewati Balai Budaya dan masuk ke jalan desa menuju Bojong Koneng dan tiba di kantor Kepala Desa (sekira 3km). Mobil pribadi jenis sedan dapat diparkir di Kantor Kepala Desa atau di SD Bojongkoneng. Untuk kendaraan jenis jip bisa berbelok ke kiri dan ber-offroad ria menuju lokasi curug. Untuk masuk ke lokasi Curug Luhur, pengunjung biasanya dikutip warga sekitar Rp 3.500 per orang.
Daerah ini juga terkenal karena menghasilkan nanas yang manis dan kering serta durian rancamaya.
Jenis: Air Terjun
Lokasi: Gunung Salak, Ciomas, Bogor
Ketinggian: 624m
Jarak: 70km dari Kota Jakarta
Pengelola: PT Curug Luhur Indah Paradise
Perkayaan sumber:

No comments: