Search This Blog

Thursday, September 5, 2013

Homeschooling Kak Seto Gandeng ASSBI



INI kabar gembira bagi pesepakbola usia dini anggota ASSBI. Bagi mereka yang ingin tetap bersekolah sembari berlatih sepakbola.
elasa (3/9), Seto Mulyadi atau biasa disapa Kak Seto dari Homeschooling Kak Seto (HSKS) teken kontrak kerja sama dengan Asosiasi Sekolah Sepakbola Indonesia (ASSBI). Tujuannya memberikan pendidikan khusus bagi anak-anak usia dini anggota ASSBI sambil tetap berolahraga.
 “Dengan mengikuti program homeschooling, mereka tetap fokus pada olahraga tanpa takut tertinggal pelajaran formal sekolah. Dengan begitu, kebingungan orang tua terhadap fokus anak yang bisa terpecah antara olahraga dan pendidikan bisa terjembatani,” ujar Kak Seto, 61, di ProArena Futsal Pondok Indah, Jakarta Selatan, dalam kesempatan penandatanganan kerja sama.
Program yang akan diterapkan pada kerja sama ini adalah memberikan pendidikan melalui metoda Distance Learning. Artinya, mentor-mentor dari HSKS dapat datang ke tempat di mana pemain berlatih sepakbola untuk kemudian memberikan pengajaran selama 2,5 jam. Jadwal dan tempat, menurut Direktur HSKS Ir. M. Budihardjo, sesuai dengan keinginan peserta didik (homeschooler).
Peserta HSKS tentu dipersyaratkan untuk meninggalkan sekolah formal yang selama ini mereka ikuti tanpa khawatir apapun. Pasalnya, selain pendidikan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan kelulusan siswa (UAN), ijazah HSKS juga berlaku seperti pada sekolah formal. Artinya, siswa SD HSKS bisa masuk ke SMP sesuai keinginan. Demikian juga siswa SMP dan SMA.
Taufik Jursal Effendi, Ketua Umum ASSBI sangat bangga ASSBI mendapatkan kepercayaan dari HSKS. Apalagi, hal itu juga sejalan dengan keinginan Taufik agar anak-anak Indonesia tak cuma pandai bermain sepakbola, tapi juga memiliki nilai akademik yang membanggakan.
Jadwal Pembelajaran Distance Learning
* Jadwal dan tempat ditentukan homeschooler sendiri dengan disampingi orang tua sebagai tutor utama.
Kegiatan Distance Learning (DL)
* DL Gathering SD, SMP & SMA dilakukan 1 x 3 bulan
* Parents Meeting dilakukan 1 x 3 bulan
* Outing 1 x 1 bulan
Waktu Belajar
* Maksila 2,5 jam
Mata Pelajaran
SD: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN.
SMP: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN.
SMA IPS: Ekonomi/Akuntansi, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Geografi, Sosiologi.
SMA IPA: Fisika, Kimia, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Biologi.

No comments: