Search This Blog

Saturday, December 1, 2012

Kejarlah Daku Kau Kuémpos



HUJAN yang turun tak seberapa deras kemarin sore mewariskan udara begitu sejuk pagi ini. Serupa Tuan dan Nyonya, Bang Jali dan Mpok Minah menikmati kesejukan pagi dengan lari bersama-sama di sebuah tanah lapang tak seberapa jauh dari rumah meréka. Langit mémang nampak seolah diselimuti terpal kelabu sejauh mata memandang, namun tak ada lagi sisa-sisa gerimis turun.
            “Abang pan pileg melulu,” kata Mpok Minah semalam sebelum berangkat ke peraduan. “Mengkanya, supaya abang tetep séhat, kagak gampang sakit atawa pileg, mendingan bésok kita lari pagi abis sholat subuh...”
            Bang Jali sebenarnya males, tapi Mpok Minah terus membujuk. Bang Jali sebenarnya lebih suka melingkar kembali di tempat tidur setelah sholat subuh –meskipun hal itu sebenarnya tak dianjurkan dalam agama—namun Mpok Minah seolah tetap ngotot mengajaknya lari pagi.
            “Ya udah. Apa kata elu aja dah, bahénol....” kata Bang Jali pasrah.
            Karena sebelumnya mémang kagak pernah lari pagi, Bang Jali jadi nampak ngos-ngosan mengikuti langkah lari bininya. “Jangan cepet-cepet dong larinya,” kata Bang Jali sembari menarik celana pangsi putihnya yang kerap kedodoran karena karét kolornya makin gampang melar. “Udah kaya’ orang mau mati nih gué...”
            “Ah, abang payah amat sih baru segitu aja udah ngos-ngosan... Kalah ama bini...” kata Mpok Minah seraya memperlambat larinya.
            “Ya kalu elu pan masih suka lari pagi...”
            Keringat mulai berléléran di tubuh Bang Jali. Udara pagi yang sejuk jadi terasa hangat. Beberapa orang yang juga melakukan olahraga lari pagi sesekali menyapa Bang Jali.
            “Tumbén nih Bang Jali ikut lari pagi...” teriak seorang anak muda. “Mau ikut lomba maraton, Bang?”
            “Ikut lomba pala lu empuk!” Bang Jali menyahut. “Segini aja gua udah mpot-mpotan...”
            Si anak muda tertawa-tawa.
            “Asyik ada Bang Jali,” teriak anak muda lainnya. “Abis lari kita nyabu, Bang. Nyarap bubur!”
            Bang Jali tak lagi menyahut. Sibuk mengatur napasnya. Mpok Minah sudah kembali meninggalkannya di depan.
            “Ayo, Bang. Uber aya!”
            “Sini lu gua émpos! Boro-boro mau nguber, jalan aja gua udah setengah modar!” sahut Bang Jali.
            Ketika lembayung pagi mulai menampakkan diri, Bang Jali dan Mpok Minah sudah duduk di sebuah sudut jalan sembari menikmati sarapan bubur ayam bersama para pelari pagi lain. Bang Jali benar-benar menikmati udara pagi yang anginnya bertiup semeriwing sementara di tangannya bubur ayam masih menyisakan kepul uap hangatnya.
            “Asyik pan, Bang?” kata Mpok Minah mengusik keasyikan Bang Jali.
            Bang Jali tak menyahut. Terus asyik dengan bubur ayamnya.
            “Kata orang lari pagi itu bagus buat kesehatan, Bang,” kata Mpok Minah lagi. “Mengkanya abang kudu sering-sering lari pagi. Biar abang tetap seger, tetep sehat. Kagak gampang capek. Jantung abang kuat....”
“Sok tau lu ah...”
“Tapi, biar kata kagak lagi pagi,” sambung Mpok Minah dalam perjalanan pulang, “Kalu di kamar abang kaya’nya kuat banget, Bang... Aya kalah melulu...”
            “Ah, ‘ntu pan bahna elu nyang lebih banyak narik....” sahut Bang Jali. Matanya asyik melirik seorang gadis muda yang berjalan agak sepuluh méter di depannya setelah juga berolahraga pagi. Celana gadis itu begitu pendek dan ketat. (301112)


Saturday, November 10, 2012

Serapah Cinta



Sesudah kaugurat ujung belati pada ujung jalan pada ujung malam pada ujung hari pada ujung bulan pada ujung tahun
Kaubiarkan darah mengalir hingga ujung tetes
Kaubiarkan tetes luka hingga ujung mimpi
Lalu kaubekap cahaya gemintang cahaya rembulan cahaya mentari hingga ujung musim
Lalu kausekat embus angin pada ujung lorong
Lalu kaubiarkan malam luka tanpa ujung
Dan aku melangkah hingga ujung tatih
Bersama rintih pada kelu ujung lidah
Bersama seruak serapah tembus hingga ujung telinga
Bersama janji yang tercampak dan bercecer hingga ujung pelangi
Meruap bersama halimun pada ujung cemara
Lidahmu tajam ujung belati
Hatimu godam ujung batu
Bibirmu sayat ujung sembilu
Matamu gelap ujung lorong
Dan aku membaring hingga ujung letih

11 Nov. 2012



Tuesday, October 16, 2012

Untung-ruginya berhenti merokok


Pasti nggak gampang berhenti merokok bagi orang yang udah biasa merokok. Padahal, berhenti merokok itu bagus buat kesehatan. Mau tau untung ruginya? Ini.

Untungnya berhenti merokok:
* 20 menit pertama sejak Anda nggak merokok, kondisi kesehatan Anda pelan-pelan membaik. Denyut jantung dan tekanan darah mulai normal. Sesudah setengah hari, kadar karbonmonoksida bercacun dalam darah turun drastis ke nilai normal.
* Beberapa bulan berikutnya, fungsi paru-paru pun berangsur meningkat. Tes saja dengan naik tangga. Dulu Anda ngos-ngosan, setelah berhenti merokok dalam bilangan bulan, ngos-ngosannya berkurang.
* Batuk-batuk yang dulu Anda derita pun jadi jarang datang setelah sembilan bulan nggak ngerokok. Soalnya, saat itu, fungsi silia atau rambut kecil dalam saluran pernapasan sudah berfungsi dengan baik lewat pengeluaran riak dari saluran napas. Kuman-kuman penyebab infeksi pun ikut keluar.
* Kalau sudah setahun, artinya Anda juga sudah mengurangi setengah dari risiko kena penyakit jantung koroner.
* Sesudah 10-an tahun, risiko kena stroke, kanker paru-paru, juga ikut berkurang.
* Jadi keliatan lebih muda, lebih segar, nggak cepet kelihatan tua, gigi nggaki kelihatan kuning.
* Kulit juga kelihatan lebih baik. Bau napas lebih segar.
* Selera makan membaik karena saraf-saraf perasa pada lidah membaik, kemampuan mencium aroma meningkat.
* Yang pasti, pengeluaran rutin buat beli rokok terhenti.

Ruginya berhenti merokok:
* Bagi pedagang rokok, satu pelanggan hilang, sekian persen pajak kepada pemerintah juga terhenti.

Sumber: http://www.blogdokter.net/2008/07/25/keuntungan-berhenti-merokok/

Sunday, October 14, 2012

Tuhan, bimbing lukaku



Tuhan
bimbing lukaku
di jalan Mu
tuntun dukaku
dalam asma Mu
*
basuh amarahku
ketika di sana
mereka mandi harta
mereka memintal dosa
*
biarkan aku di jalanku
ketika di sana
mereka membangun istana
dengan sungai-sungai air mata
dengan danau-danau darah
*
aku tahu
telah Kau tutup hati dan mata mereka
dengan tirai ketamakan keserakahan
aku tahu
mereka tak lagi peduli
pada tangis jerit kami
mereka
para koruptor itu
mereka kira hidup abadi
*
Tuhan
bimbing lukaku
di jalan Mu
tuntun dukaku
dalam asma Mu

Jakarta, Okt. 2012

Ponsel Berbunyi, Sembahyang Batal



Lagi nyoba-nyoba khusyu’ dalam sembahyang, tiba-tiba ponsel seorang jamaah berbunyi di satu rakaat terakhir. Meskipun nada sambungnya berupa semacam lagu kasidah, tetep aja terasa mengganggu. Apalagi, sepanjang rakaat terakhir itu, nada sambung ponsel jamaah itu nyaris tak pernah berhenti. Berhenti sebentar, terus bunyi lagi. Begitu terus.
            “Kenapa sih hapenya nggak dimatikan?” tanya imam setelah sembahyang selesai.
            “Maaf, kelupaan, Pak,” jawabnya sembari cengengesan. Setelah itu, si jamaah buru-buru ngacir karena ponselnya kembali berbunyi.
            Dalam beberapa kali sembahyang Jumat, hal serupa kadang juga terjadi. Meskipun annauncer sudah mengingatkan agar segala jenis alat komunikasi dimatikan selama prosesi sembahyang Jumat berlangsung, tetap saja ada yang lupa. Bahayanya lagi kalau pas bunyi, nada sambungnya lagu-lagu.
            Saya pernah berpikir, ada baiknya Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa, memasukkan hape yang berbunyi saat pemiliknya sembahyang sebagai sesuatu yang membatalkan sembahyang seperti halnya keluar sesuatu dari kubul atau dubur dan lain-lain. Dengan batalnya sembahyang seseorang itu, maka dia akan buru-buru menon-aktifkan ponselnya, lalu melanjutkan lagi sembahyangnya dengan risiko menambahkan rakaat yang tertinggal.
           

Monday, October 1, 2012

Bang Jali Ogah Pake Hape


Sketsa Betawi

UDAH hampir seminggu ini Bang Jali kagak lagi mégang hapé. Mula-mula dia ogah ngisi pulsa. Belakangan, dia juga males nyetrum tuh hapé. Seudah itu, hapé dia biarin aja ngegelétak di pangkéng. Kagak dicolék-colék.
            Mpok Minah yang émang keliwatan sayang ama laki, coba nyelidikin kenapa Bang Jali jadi kaya’ orang dusun yang bisa idup tanpa hapé. “Aya curiga nih ama abang,” katanya. “Kenapa émangnya abang elek maké hapé? Boro-boro sih mau ganti BB, hapé biasa aja abang jadi males.”
“Dasar lu émang bini curigaan melulu. Dulu asal gua buka SMS lu kata SMS dari jandé sebelah. Kalu gua terima telepon lu kata telepon dari abégé. Sekarang gua kagak mau maké hapé elu curiga juga. Gua kagak ngarti dah mau lu apé?” Bang Jali rada-rada séwot.
“Ya dalem laut pan bisa ditebak, dalemnya ati siapa nyang tau, Bang...”
“Auk ah...” Bang Jali buang muka. “Apalagi kalu misalnya gua paké BB, mungkin muka lu lu tekuk terus kalu pas gua lagi BBM-an kaya’ si Nunung tuh.”
“Biar kata aya suka curigaan, tapi hapé itu kotan-kotan pan penting juga, Bang. Nggak usah BB dah kali. Siapa tau ada kabar nyang urjen gitu...”
“Urjan-urjen, sok paké bahasa asing lu ah...Pokoknya gua lagi males paké hapé. Kagak paké alesan-alesan...”
Semenjak kagak lagi paké hapé, Bang Jali ngerasa idupnya émang jadi lebih adem. Kagak ada yang SMS mau minjem duit. Kagak ada yang SMS minta bantuan ini itu. Ketika masih maké hapé, kotan-kotan Bang Jali sampé kebangun dari tidur siang padahal isi SMS-nya cuman mau minjem duit. Selama ada hapé, Bang Jali ngerasa idupnya kaya’ dikontrol orang.
“Jaman sekarang mah anéh aja Bang kalu masih ada orang yang kagak mau paké hapé...” Mpok Minah mulain lagi waktu soré-soré Bang Jali lagi asyik ngasih makan jangkrik burung murai batunya.
“Ntu pan kata elu. Jaman dulu juga orang bisa idup sonder paké hapé. Hapé sekarang juga udah banyak yang disalahgunain tau. Ada yang dipaké buat ngajakin...” Bang Jali ngegantung kalimatnya. Dia ngerasa kebelejok mau bilang selingkuh.
“Ngajakin apa, Bang?” Mpok Minah nyamber. “Pacaran, selingkuh? Abang kali begitu ya?
“Pikiran lu ngeres aja ah,” Bang Jali coba ngelés. “Misalnya ngajakin démo, paketan buat ngeroyok orang, minta kumisi korupsi, banyak dah...”
“Bilang aja ngajakin selingkuh, Bang, paké ngelés....” Mpok Minah langsung ngebanting pintu.
Dalem ati, Bang Jali menyerapahi dirinya kendiri. Nyesel juga dia paké ngomong panjang lébar yang bikin dia justru jadi kebablasan.
Waktu Bang Jali rapi ngasih makan burungnya. Nunung nyamperin sang babé.
“Bé! Bé! Ada telepon nih!”
“Dari siapa Nung? Laki apa perempuan! Sini gua dengerin dulu!” Mpok Minah nyamber hapé Nunung lalu menyambut telepon.
“Halo! Siapa nih? Mpok Aas ya?” tanya Mpok Minah.
Nunung géléng-géléng kepala ngeliat kelaguan Nyaknyé.
“Nih, Bang! Dari Bang Ayub!” Mpok Minah menyerahkan hapé Nunung kepada lakinya. Bang Jali mésem-mésem.
Bang Jali menyambar hapé dari tangan bininya.
“Li!”
“Iyé. Ni gué. Ada apa, Yub?”
“Hapé lu mati ya? Hapé bini lu juga gua telepon kagak diangkat-angkat. Untung gua punya nomor hapé si Nunung...”
“Hapé gua lagi dicas. Ada apé nih?”
“Lu udah kagak doyan duit yé? Gua mau ke rumah lu, nganterin duit komisi jual tanah nyang di Tanah Kusir. Gua mau langsung ke rumah lu takut lu lagi kagak di rumah. Makanya gua telepon dulu...”
Muka Bang Jali langsung céngar. “Minah! Cepet lu cas hapé gué. Jangan lupa isiin pulsa nyang jigoan. Cepet!”
“Masa bodo ah. Hapénya di mana juga aya kagak tau!”
“Di pangkéng! Lu udah kagak doyan duit ya?
“Apa, Bang. Bentar...bentar. Nti aya ambilin hapé abang.” (21012)

Kamus:
PANGKENG = kamar; ELEK = malas; KOTAN-KOTAN = kadang-kadang; SONDER = tanpa; KEBELEJOK = telanjur; PAKETAN = mencari kesepakatan.

Friday, June 8, 2012

Watu Ulo -- Watu Ulo – Sesuai namanya (Batu Ular), di lokasi wisata pantai ini terdapat sebuah batu panjang berbentuk ular dan bersisik. Kepalanya menjulur ke laut dan badannya di daratan. Konon dulu ada seekor ular bertapa di pantai tersebut. Wujudnya berubah menjadi batu setelah keinginannya selama bertapa dikabulkan Tuhan. Terdapat Goa Jepang, bangunan berupa lima buah benteng yang dibangun Jepang untuk pertahanan. Di lokasi ini pula digelar Pekan Raya Watu Ulo pada 1-10 Syawal. Ada juga acara Larung Sesaji Pantai Watu Ulo pada 7 Syawal. Jenis: Wisata Alam Pantai Lokasi: Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, sekitar 45km dari Kota Jember, Jawa Timur arah selatan. Luas: 566.910 m² Fasilitas: - Taman bermain, areal berkemah, kios suvernir, rumah makan, kantor UPTD, tempat salah, MCK, dll. Alamat: Perkayaan Sumber antara lain dari: http://www.wisatanesia.com/2010/05/watu-ulojember.html#ixzz1NPme1MtI http://www.wisatanesia.com/2010/05/watu-ulojember.html http://beachview.wordpress.com/2008/04/16/pantai-watu-ulo/ http://travel.okezone.com/read/2011/02/14/408/424573/merengkuh-kedamaian-di-pantai-watu-ulo http://griyawisata.com/index.php/2011051324934/java-island/pesona-pantai-watu-ulo-jember/menu-id-82.html http://www.jembertourism.com/in/wisata-pantai/pantai-watu-ulo.html http://vincentfromsby.files.wordpress.com/2008/08/dscn7071-1280x768.jpg

Sunday, May 27, 2012

Soccer Anecdote: Irony at the Bung Karno Stadium

A unique event took place in the Bung Karno Main Stadium in twodays, Thursday (24/5) and Saturday (26/5), when the elite Italian club Inter Milan against two team from Indonesia, the League Selection and the national team. Both teams are based on Indonesia Premier League (IPL), not the Indonesia Super League (ISL) except three Papua players which betrayed their ISL’s clubs. Almost the entire supporters consists of Interisti of Indonesia or Internazionale supporters in Indonesia and therefore whenever Inter players score goals, they werecheering happily. In two days, it could be said only a handful of spectators who supported the team's own country.

Monday, April 9, 2012

Tangan Bang Jali Gatel (Fragmen Betawi)

“Bang! Ngapain sih dari tadi. Ayé pratiin gegaruk ajé,” Mpok Minah ngagétin Bang Jali yang lagi asyik ngegaruk telapak tangan kanannya. “Kagak tau nih. Dari tadi telapak tangan gué berasa gatel kagak abis-abis.” Senyum manis Mpok Minah sontak mekar kayak kembang puun ganyong. “Ayé tau tuh, Bang. Berarti abang mao dapet duit ni hari.” Bang Jali ménjep. “Sok tauk lu ah. Telapak tangan gatel kok mao dapet duit?” “Yéé...abang pegimané sih? Udéh tua masih juga kagak ngarti. Dari ayé kecil pan émang begitu. Kalu tapakan tangan kanan gatel, nah ntu artinyé mau dapet duit. Kalu nyang kéré artinyé bakal ngeluarin duit.” Bang Jali ngegaruk tangannya lagi. Mpok Minah balik ke dapur ngebérésin piring yang belon ditaro di rak. Tapi, selagi Bang Jali mikir-mikir omongan bininya, Mpok Minah kembali beteréak. “Bang! Udéh pegi sono! Cari rejeki! Siapé tau émang abang mau dapet rejeki!” “Madut lu ah!” Bang Jali ngeresulah sembari ngeloyor ninggalin rumahnya. “Samlikum!” dia beteréak. Sampé di luar, Bang Jali kagak tau mao pegi ke mana. Ari ini dia émang kagak punya janji. Tapi, tibang di rumah juga terus ngedenger bininya ngomél melulu, Bang Jali akhirnya melangkah sejalan-jalannyé. Di tengah jalan, Bang Jali sontak inget Bang Suéb, temen yang udah rada lama kagak dia saba. “Séhat kagak dié ye?” Bang Jali ngebatin sembari melangkah ke rumah Bang Suéb di kampung sebelah. Bang Suéb kagét juga ngeliat kedatengan Bang Jali. “Tumbén-tumbénan elu ke mari, Li? Adé angin apé? Pantesan tadi adé kupu-kupu nyang bulunyé butek némplok di pintu rumé gué!” sambut Bang Suéb. “Lu masih percayé ajé amé nyang begituan, Éb,” Bang Jali nyengir-nyengir. “Adé kupu-kupu lah lu bilang bakal adé tamu?” “Iyé, Li. Yang begituan kotan-kotan émang adé benernyé. Percayé seratus persén jangan, kagak percayé juga sering kejadian.” “Iyé juga sih.” Maka kedua sahabat itu pun asyik berbagi cerita macem-macem sampé waktu solat ashar dateng. Seabis solat, tiba-tiba seorang lelaki nyamperin Bang Suéb. “Pak, Suéb mohon maaf nih,” kata lelaki itu. “Éh, Pak Kusno. Adé apé, Pak?” “Ada urusan sedikit. Kalau tidak keberatan atau lagi tidak sibuk, bisa ke rumah sebentar?” kata lelaki yang dipanggil Pak Kusno. Bang Suéb dan Bang Jali adu pandang. “Nggak apa-apa. Berdua sekalian lebih bagus,” sambung Pak Kusno. Di rumah Pak Kusno ternyata sedang digelar acara selamatan hitanan. “Maaf, Pak Suéb pimpin doanya. Ustadz yang kami undang tidak bisa datang. Bisa kan?” Bang Suéb langsung mandang Bang Jali. “Elu ajé, Li. Gué mané bisé doé-doé begituan.” “Siapa saja boleh. Bang Suéb boléh, temen Bang Suéb juga silakan.” “Udéh, tarik, Li!” Dalam perjalanan pulang, Bang Jali ngebuka amplop yang disisipin di kantong bajunya. “Gopék, Éb angpaunya,” Bang Jali mésem. “Ya udéh, buat elu. Rejeki elu,” sahut Bang Suéb. Sembari nyengir, Bang Jali nyabut dua lembar ratusan buat Bang Suéb. “Rejeki gué rejeki elu juga, Éb. Nah, ni lu pégang dua ratus. Gué tigé ratus.” “Kagak uséh, Li....kagak uséh....” Bang Suéb pora-pora nolak. Tapi, duit dua ratus ribu kagak urung nyesep juga di kantong celananya. Setelah itu, Bang Jali melangkah pulang sembari bersiul-siul. Tapi, sontak telapak tangan kirinya berasa gatel. Lalu kebayang wajah bininya yang pasti siap-siap nguras isi kantongnya.*

Sunday, March 25, 2012

PEREMPUAN YANG SUKA MENGHITUNG UANGNYA

Setiap kali selesai salat magrib, perempuan di usia menjelang senja itu duduk pada sebuah kursi dengan sebuah meja kecil di salah satu sudut masjid itu dengan kertas-kertas berisi daftar piutang di tangannya. Sebagian lainnya berserakan di atas meja. Banyak sekali nama dalam daftarnya. Berlembar-lembar. Di belakang nama itu tertulis angka-angka disusul dengan nol berderet-deret. Sembari terus menatap lembar-lembar kertas itu, ia selalu menguarkan senyum sendirian, memperlihatkan gigi-giginya yang tersisa satu dua. Setelah orang-orang menyelesaikan salat isya, ia menyusun daftar itu dengan rapi, melipatnya dengan lipatan persegi empat. Lalu, diam-diam, sebelum pulang, perempuan itu menyusupkan lipatan-lipatan kertas itu di bawah sajadah-sajadah masjid. Kurang lebih sejak dua tahun lalu perempuan itu menghabiskan sebahagian hari-harinya di masjid terbesar di dusun Cibaresah itu. Pagi hari, diiringi kicau aneka burung dan rekah matahari, dia datang membawa segembolan barang-barang kebutuhannya, termasuk peralatan salat: sebuah mukena lusuh dan sarung putih penuh jamur. Meletakkannya di gudang dan kemudian menyapu dan mengepel lantai masjid. Pada hari-hari tertentu dia juga mencuci piring-piring dan gelas-gelas kotor bekas pengajian, menyapu dengan kain pel basah pada lantai-lantai di teras masjid. Setelah itu, tidur-tiduran berbantal tangan yang kian dijejali keriput. Dia hanya terbangun manakala mendengar suara sepeda motor dihidupkan, mengejar pengendaranya, seraya menadahkan tangan meminta uang parkir. Seribu demi seribu rupiah dikumpulkannya setiap hari, menyelipkan pada lipatan kain di pinggangnya. Dan dengan uang itulah dia menghidupkan dirinya tiap hari. Orang-orang Cibaresah memanggilnya Kinah. Entah siapa nama lengkapnya. Tak ada juga berusaha mencari tahu. Yang pasti, orang-orang Cibaresah sebenarnya merasa terganggu dengan keberadaan Kinah di masjid itu. Namun, tak ada satu pun yang berani melarangnya kini setelah Rebo dan Samawi kena labraknya. Kinah tak pernah merasa takut terhadap siapa pun. Kinah pernah berkecak pinggang di hadapan Rebo. Sama seperti tatkala dia menghadapi Samawi yang mengusirnya dari masjid itu sekali waktu. Wajahnya tepat berada di depan wajah Rebo, lengkap dengan dengus napasnya yang memaksa Rebo menahan napasnya sendiri. Kalau tidak, dia akan memuntahkan seisi perutnya. "Lu...lu...mau ama?" Kinah bertanya dengan suara melengking dan serak serupa hewan berkaki empat dan bermoncong kejepit pagar rumah. "Ngak moleh...ngak moleh...ama ini mesji lu ha?" Rebo jadi jengah sendiri dan buru-buru ngacir. Serbasalah meladeni perempuan nekat seperti Kinah. Itu juga yang dilakukan Samawi. Sembari membawa serapahnya sendiri, "dasar perempuan gokil...sedeng...." Gusrin, satu-satunya anak Kinah juga cuma bisa tertawa getir mendengar pengakuan Rebo dan Samawi. "Saya sudah menyediakan kamar untuk ibu di rumah, tapi dia cuma menempatinya malam hari. Saya sudah melarang ibu jadi tukang bersih-bersih masjid, karena kata orang masjid justru jadi tambah kotor, tapi ibu malah memarahi saya. Kalau Mas Rebo, Mas Samawi, atau siapa saja bisa melarang. Saya sudah menyerah, pasrah, nggak bisa apa-apa lagi," kata Gusrin. Kinah juga selalu getir menyenyumi perjalanan nasibnya. Setiap malam sembari menghitung uang miliknya dalam lembar-lembar kertas di tangannya dan yang berserakan di atas meja. Juga uang-uang kertas dalam bentuk sobekan-sobekan kertas koran yang disimpannya dengan rapi di bawah sajadah-sajadah masjid dan pada dompet di kamarnya. Gusrin, satu-satunya anaknya, dulu adalah anak yang baik. Memiliki seorang istri dan dua anak. Taat ibadah. Taat pada orang tua. Sepeninggal suaminya, Kinah membiarkan Gusrin menjual rumah miliknya, rumah yang dibelinya dari uang-uang yang dikumpulkannya dari keuntungan uang yang dipinjamkannya kepada para tetangganya. Kinah juga menyerahkan segala perhiasan miliknya kepada Gusrin untuk dijual dan uangnya disimpan pada sebuah bank. Hasil penjualan rumah dan perhiasan itu sebagian dibelikan sebuah rumah lebih kecil, tempat mereka tinggal bersama. Perubahan terjadi ketika Gusrin mengenal Dyah, wanita muda butuh kehangatan karena suaminya meninggal dunia setelah menderita kanker pada punggungnya. Dyah yang agresif melunglaikan segala hal baik pada diri Gusrin. Serta-merta dia menceraikan istrinya karena perempuan itu tak bisa membiarkan Gusrin kerap tak pulang karena menginap di rumah Dyah. Gusrin tak peduli pada dua anaknya yang dibawa istrinya. Serta-merta pula Gusrin menjual rumah tempat mereka berteduh, lalu membawa ibunya tinggal di rumah Dyah. "Uangnya kubelikan tanah di Parung, sisanya kutabung untuk hari tua kita, Mak," kata Gusrin kepada ibunya. Kinah cuma bisa diam sambil melirik sebilah golok tanpa sarung di atas meja. Permukaannya nampak berkilau kena sinar lampu. Dyah duduk tenang di sebelahnya. Dengan senyum tertahan. "Nggak usah khawatir, Mak," katanya menimpali ucapan Gusrin, sembari mengulum senyum. "Uangnya nggak dibuat foya-foya kok, Mak. Aman. Mak 'kan sudah mendapat satu kamar. Cukup 'kan?" Kinah tak hendak mengeluarkan kata sepatah pun. Juga ketika dengan mata kepalanya sendiri dia melihat Gusrin dan Dyah terengah memasuki rumah dengan plastik-plastik belanjaan. Hampir setiap hari. "Habis ngangkat arisan, Mak," kata Dyah tanpa ditanya. Di rumah Dyah, Kinah memang mendapatkan sebuah kamar kecil. Tersedia sebuah kasur lusuh peninggalan almarhum suami Dyah. Kata Dyah, sayang-sayang dibuang, ketika dia meletakkan kasur itu dalam kamar. Kinah mengunci mulutnya rapat-rapat. Pada malam hari dia menggulung kasur itu, memojokkannya, dan merebahkan tubuhnya yang kian renta beralaskan tikar pandan. Dia bersumpah takkan menggunakan kasur peninggalan orang yang sudah tutup mata. Apalagi mati karena sakit kanker sekaligus sakit hati karena istrinya selingkuh dengan anaknya, sesuatu yang belakangan diketahui Kinah dari mulut ke mulut bahwa Dyah dan Gusrin sudah berhubungan sejak suami Dyah jatuh sakit. * * * Sejak pagi hari, di Minggu itu, kerja bakti digelar di masjid setelah sepekan lalu kepengurusan baru dibentuk. Debu-debu yang lama melekat pada kaca-kaca dibersihkan. Laba-laba kecil yang membuat sarang di setiap sudut dinding masjid dibersihkan. Di kamar kecilnya, Kinah masih merasakan kepalanya pusing ketika dia membuka matanya siang itu. Karena itu ia enggan cepat-cepat ke masjid seperti kebiasaannya. Begitu matanya terbuka, dia bangkit dan menyambar sebuah tas lusuh di sudut kamarnya. Dikeluarkannya juga sebuah dompet persegi panjang dari dalamnya. Dari dalam dompet itu dia mengeluarkan uang-uangnya dalam bentuk sobekan kertas koran. Mulutnya berkomat-kamit menghitung jumlahnya. Sesekali dia tersenyum sendirian. Diingat-ingatnya wajah-wajah orang yang berutang kepadanya. Orang-orang yang satu per satu kabur, atau mengancam membunuhnya, atau mati membawa utangnya. Puluhan juta uangnya tak tertagih setelah suaminya meninggal dan Gusrin belum cukup besar untuk menjadi pembelanya. Tak satu pun saudaranya sudi membelanya. Perlahan Kinah bangkit. Menyambar buntalan yang biasanya dia bawa ke masjid. Ketika dia membuka pintu kamarnya, dia melihat Gusrin dan Dyah duduk mesra di sebuah sofa. Kinah keluar membawa dengus dan lenguhnya. Berkali-kali dia meminta anaknya menikah saja dengan Dyah, tapi Dyah selalu marah dengan mata menyala. "Apa lu kira menikah nggak pake duit?" Dyah selalu bertanya. "Sini duitnya, saat ini juga kami panggil penghulu!" Kinah berjalan membawa tubuh lunglainya ke masjid. Ia menemukan begitu banyak orang di sana tengah kerja bakti. Lalu, matanya menangkap api yang tengah membakar potongan-potongan kertas. Buru-buru dia meletakkan barang bawaannya dan berlari tertatih memasuki masjid. Sajadah-sajadah sudah diangkat. Tiga orang tengah mengepel lantainya. Yang lain terus menyapu, membuang debu-debu yang lama dibiarkan menumpuk. Kinah tak lagi menemukan potongan-potongan kertas yang diam-diam disimpannya di bawah sajadah-sajadah masjid. "Mana? Mana? Itu...yang di mawah sajadah? Itu...munya uah...munya uah...." Kinah menghampiri salah seorang pekerja bakti dengan suara di hidungnya. Melengking memenuhi seluruh ruang di sekitar masjid. Sueb, laki-laki yang ditanya itu terlongong. Tak sepenuhnya mengerti apa maksudnya. Rebo mendekat. "Itu munya uah...munya uah....manaaa?" Kinah bertanya menghadap Rebo sembari memberi isyarat tentang potongan-potongan kertas yang disimpannya di bawah sajadah. "Kau tahu maksudnya?" Sueb menoleh kepada Rebo. "Dibakar!" Rebo menjawab pertanyaan Kinah. "Itu di luar! Memangnya itu apa?" "Nuit....nuit....nuit uah nuit uah...." Kinah berlari keluar masjid dan menemukan kertas-kertas yang sudah berubah menjadi arang putih, serpih-serpihnya beterbangan kian kemari karena embus angin. "Ngapa dimakar....ngapa dimakar.....?" Kinah bertanya. Entah kepada siapa. Para pekerja bakti berhenti. Saling pandang. Mata Kinah kemudian menangkap sebuah golok yang sebelumnya digunakan untuk merancapi dahan-dahan pohon bunga di pagar masjid. Dengan sigap dia menyambar benda itu dan menghampiri Sueb. "Nganti nuit uah...nganti nuit uah...." katanya dengan tangan kanan menghunus golok dan tangan kiri menadahkan tangan. Sueb gelagapan. "Bukan aku yang membakar itu," katanya terbata. "Bukan aku, tapi..." "Uah ngak penuli....ngak penuli...mokoknya nganti...ngantiiiii!!" suara Kinah melengking. Sueb buru-buru mengeluarkan dompetnya. Mengambil beberapa lembar uang dari dalamnya. Secepat kilat Kinah menyambar dompet dari tangan Sueb, mengeluarkan seluruh isinya, dan mengambil uang-uang yang tersisa di dalamnya. Setelah menguras isi dompet Sueb, Kinah menghampiri Rebo, Badrun, Sarbani, Jaliro, dan akhirnya ia berdiri di hadapan Haji Ishak, ketua baru masjid. "Mana nomet lu? Mana nomet lu?" ia meminta dompet laki-laki itu. Haji Ishak mengeluarkan dompetnya, menyerahkannya kepada Kinah. Beberapa saat kemudian, dia tertawa melengking mendapati dompet sang ketua masjid yang kosong tanpa uang. "Kenua miskin...kenua miskin..." katanya seraya berlalu meninggalkan wajah-wajah yang terlongong. Sebelum tubuhnya hilang di balik kelokan, orang-orang masih melihat Kinah mengangkat tangannya sembari mengibas-ngibaskan uang yang baru saja didapatnya dari para pekerja bakti itu. *** * Dimuat di Harian Suara Karya, 24 Maret 2012

Tuesday, March 6, 2012

Sajak Salat




dalam takbir
kutolak segala rasa nyinyir

dalam ruku
kululuh segala angkuh

dalam itidal
kujegal segala sundal

dalam sujud
kulindapkan segala hasud

dalam salam
kusibak segala kelam
dalam salam
kurengkuh damai alam

Melawai, Maret 2012


Wednesday, February 22, 2012

Cerpen Andini


Andini

Sintya merasa sebilah belati sangat lancip dan tajam langsung menghunjam tepat pada jantungnya. Sesuatu yang selama ini dikhawatirkannya akhirnya benar-benar terjadi: kehamilan Andini.

            “Aku benar-benar telah gagal sebagai wanita, sebagai istri, dan sebagai ibu,” Sintya meratap sendirian di ruang kamarnya setelah Andini mengaku sudah terlambat hampir dua bulan. Lalu apa kata Ferdi, suaminya, nanti? Dia tentu akan marah besar karena sebagai istri dan ibu, Sintya tak berhasil mendidik Andini dengan baik. Ferdi memang merestui hubungan Andini dan Antoni, namun dia tentu takkan membiarkan keduanya menikah cepat dan lebih-lebih karena kecelakaan.
            Tak ada yang salah pada diri Antoni. Tubuhnya atletis. Kulit putih. Tampan. Bekerja sebagai teknisi yunior di sebuah perusahaan penerbangan swasta dengan penghasilan lebih dari cukup. Dia juga santun. Tak pernah terlibat narkoba dan minuman keras. Sebagai laki-laki dia idaman.
            Selama ini Sintya memang satu-satunya penghuni rumah itu yang tak merestui hubungan Andini dan Antoni. Karena dia tahu siapa Antoni. Satu-satunya kesalahan Antoni cuma karena dia memiliki ayah bernama Barja.
***
            “Ibuku marah besar, Ton,” Antoni mendengar suara Andini lewat telepon.
            “Wajar,” Antoni menjawab sambil terus memeriksa berkas-berkas di hadapannya.
            “Kamu kok seperti tanpa beban? Kamu nggak khawatir?” Andini memprotes.
            Antoni tertawa ringan. “Orang tua mana yang tak marah mendengar putrinya hamil? Itu melanggar aturan agama manapun. Kau pun akan melakukan hal yang sama jika kelak anak kita mengalami hal yang sama...”
            “Hus!” Andini memotong. “Anak kita?” Andini menyambung sesaat berikutnya. “Memangnya kamu yakin kita akan menikah?”
            Antoni kembali tertawa. “Yakin. Aku juga yakin kamu akan harakiri bila kutinggalkan,” Antoni mengakhiri kalimatnya dengan suara tawa.
            Udah ah. Jangan tertawa terus. Aku harus melakukan apa?”
            Nggak ada yang harus kamu lakukan kecuali menunggu. Lihat saja apa yang akan terjadi dalam beberapa hari berikutnya.”
            Andini menutup teleponnya bersamaan dengan dering telepon di atas mejanya. Dari Meme, atasannya di sebuah perusahaan multifinance. “Din, tolong periksa lagi laporan keuangan ya. Aku melihat ending balance-nya masih belum pas,” suara Meme singkat.
            “Oke bos!” jawab Andini lugas.
***
Ferdi menyudahi kemarahannya dengan tarikan napas dalam. Duduk di hadapannya, Sintya sama sekali tak berani mengangkat kepalanya.
            “Andini dan Antoni harus segera dinikahkan,” katanya.
            Bagi Sintya, kalimat itu menjadi sebuah vonis mematikan yang tak bisa dielakkannya. Segunung sesal menyumbat pernapasannya membuatnya tersengal. Ingin dikatakannya kepada suaminya siapa Antoni agar pernikahan itu tak pernah terjadi. Tapi, jika penjelasan itu sampai dikeluarkannya, sangat mungkin Ferdi akan membunuhnya. Atau mencampakkannya ke liang paling busuk sementara dia hanya bisa meratap dan pasrah.
            Laki-laki mana yang mau mendengar penjelasan perselingkuhan istrinya dengan pria lain? Suami mana yang secara ikhlas mau menerima kenyataan bahwa putrinya adalah anak hasil hubungan gelap istrinya dengan laki-laki lain?
            Sintya merebahkan tubuhnya di sofa di ruang depan setelah suaminya melangkah ke luar dan pergi entah ke mana. Wajah Barja, laki-laki yang telah melenakannya bermain-main dalam benaknya. Sintya melenguh membuang rasa sesalnya namun dia tak bisa mencampakkan kenyataan bahwa pada akhirnya dia baru bisa hamil setelah hampir empat tahun menikah. Dan itu terjadi setelah Barja mampu meluluhkan benteng pertahanan kesetiaannya pada Ferdi suaminya.
***
            Sintya yang membuat pertemuannya dengan Barja terjadi di suatu tempat setelah dia gagal menemukan cara untuk membatalkan pernikahan putrinya dengan Antoni. Dia sempat berpikir untuk melakukan perbuatan nekat dengan cara membunuh Andini atau Antoni agar perkawinan itu tak pernah terjadi. Namun dia tak cukup punya keberanian untuk melakukannya. Sintya merasa tak cukup punya latar belakang dan motivasi untuk bertindak seperti itu. Jika kelak dia tertangkap, polisi tentu akan terus mencecarnya dengan berbagai cara untuk mendapatkan alasan tindakannya. Dan dia tak cukup punya keberanian untuk berkata jujur. Sintya tetap ingin rahasianya dan Barja tetap jadi milik mereka berdua.
            “Yang aku inginkan pernikahan itu tak pernah terjadi,” ucap Sintya lugas.
            Barja menatap lekat mata wanita di hadapannya. “Kau tahu, tak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah perkawinan Dini dan Toni. Upaya-upaya itu tidak taktis. Itu justru akan membuat mereka penasaran dan ingin tahu alasan sebenarnya.”
            Kegalauan bergulung-gulung di dada Sintya. “Tapi mereka sedarah. Kaulah ayah mereka. Dini anak biologismu. Itu tak bisa dibantah.”
            “Tapi itu tak akan mengubah apapun. Kurasa kita cuma bisa pasrah pada kenyataan. Biarkan mereka menikah dan kita lihat apa yang terjadi nanti.”
            “Risikonya bisa sangat fatal, Barja.”
            Barja tersenyum getir. “Setidaknya rahasia kita tetap jadi rahasia kita. Orang lain mungkin cuma bisa menebak-nebak.”
***
Sintya didera rasa lelah luar biasa ketika dia harus memaksakan diri mengumbar senyumnya kepada setiap tamu yang datang ke pesta pernikahan Andini dan Antoni. Belum pernah dia merasa selelah itu. Sepanjang pesta berlangsung dia harus terus bersikap manis kepada semua orang, famili, sanak saudara, tetangga, dan teman-teman yang datang untuk memberi restu.
            Tak pernah terbayangkan semua ini pada akhirnya terjadi. Ingin rasanya Sintya mati saja agar penderitaannya berakhir. Atau ingin dia waktu berputar balik ke masa remajanya agar dia bisa menjalani kehidupannya dengan lurus dan tak pernah membiarkan laki-laki lain menjamah tubuhnya selain suaminya sendiri. Mungkin dia memang takkan memiliki anak dari Ferdi karena kemandulannya. Tapi dia bisa mengadopsi anak dari salah satu panti asuhan di kota ini. Itu bisa jadi lebih baik daripada memiliki anak kandung namun dari pria lain yang bukan suaminya sendiri.
            Kini, di balik gaun anggun yang dikenakannya, Sintya justru merasa menjadi wanita paling kotor di seantero dunia. Dia berdosa kepada Tuhan karena tak mematuhi ajaran-ajaran-Nya. Dia merasa sangat berdosa kepada suaminya karena telah melakukan pengkhianatan yang pasti takkan termaafkan bila suaminya sampai tahu.
            Di ujung sana, Sintya melihat Titik, istri Barja, dengan suka cita membalas ucapan selamat dari tamu-tamunya. Senyumnya lepas. Tawanya sumringah. Alangkah bahagianya jika dia menjadi Titik. Dia pastilah kini merasa menjadi perempuan paling sempurna. Seorang ibu yang bisa mengantarkan anaknya ke jenjang pendidikan tertinggi dan memiliki pekerjaan dengan penghasilan sangat memadai. Kebahagiaan Titik kini disempurnakan karena dia bisa mengantarkan sang anak ke pelaminan dengan Andini, seorang gadis cantik dengan pendidikan tinggi dan pekerjaan yang juga menjanjikan masa depan gemilang.
            ‘Mengapa Tuhan tidak menjadikan aku Titik saja, dan Titik menjadi aku,’ pikir Sintya.
***
            Titik tengah bersilonjor melepaskan penatnya ketika pesta perkawinan Antoni dan Andini berakhir. Telepon genggamnya berbunyi.
            “Tik,” Titik mendengar seseorang langsung menyebut namanya.
            “Siapa ini?”
            “Gusman.”
            Titik menarik napas.
            “Mau apa kamu?” dia bertanya sambil melihat sekeliling. Dia sendirian di tempat itu.
            “Ingin kuucapkan selamat atas perkawinan Antoni. Anak kita.”
            Titik terdiam. Ada sedikit debar di dadanya. Dia merasa seperti ada seseorang yang tengah mengawasinya walaupun kenyataannya tak ada siapa pun di sana. Terbayang wajah Gusman, laki-laki yang dicintainya sejak duduk di bangku SMA dan kemudian berhasil menceburkannya ke kubang dosa sebulan sebelum pernikahannya dengan Barja.
            “Kuharap ini yang terakhir kali kau menghubungi aku,” kata Titik dengan hati teriris. Diakuinya, Gusman adalah laki-laki yang telah mencuri hatinya dan hingga kini dia tak berhasil merebutnya kembali.
            Titik mendengar tawa kecil Gusman. “Ya, ini yang terakhir. Aku tak ingin mengusik kebahagiaanmu.”
            Dan, Titik pun menutup telepon itu. Lalu menghapus bintik keringat yang tiba-tiba menyembul di dahinya.


Monday, February 20, 2012

Peringkat Klub Dunia Hingga Januari 2012


Club World Ranking
Club-Weltrangliste
Clasificación Mundial de los Clubes
Classement Mondial des Clubs
 

by IFFHS
Top 400
(1st February 2011 - 30th January 2012)

1.
(1.)
FC Barcelona
Spanyol/4
359,0
2.
(2.)
Real Madrid CF
Spanyol/4
302,0
3.
(3.)
CA Vélez Sarsfield
Argentina/4
271,0
4.
(4.)
Manchester United FC
Inggris/4
260,0
5.
(5.)
Manchester City FC
Inggris/4
241,0
6.
(6.)
Santos FC
Brasil/4
238,0
7.
(7.)
CD Universidad de Cile Santiago
Cile/3
234,0
8.
(10.)
CD Universidad Católica Santiago
Cile/3
230,0
9.
(8.)
Sport Lisboa e Benfica
Portugal/3
222,0
10.
(11.)
FC Schalke 04
Jerman/4
221,0
11.
(14.)
Paris Saint-Germain FC
Prancis/4
220,0
12.
(9.)
FC do Porto
Portugal/3
218,5

(15.)
Liga Deportiva Universitaria de Quito
Ekuador/3
218,5
14.
(13.)
Club Libertad Asunción
Paraguay/3
217,5
15.
(11.)
FC Bayern München
Jerman/4
211,0
16.
(21.)
Royal Standard de Liège
Belgia/3
205,5
17.
(18.)
PSV Eindhoven
Belanda/3
201,5
18.
(20.)
Stoke City FC
Inggris/4
200,0
19.
(19.)
FC Twente Enschede
Belanda/3
197,0
20.
(22.)
FC Dinamo Kyiv
Ukraina/3
196,5
21.
(16.)
FC Internazionale Milano
Italia/4
195,0
22.
(23.)
Cerro Porteño FBC Asunción
Paraguay/3
194,0

(17.)
Arsenal FC London
Inggris/4
194,0
24.
(23.)
Milan AC
Italia/4
190,0
25.
(32.)
SC Internacional Porto Alegre
Brasil/4
186,0

(26.)
Club Atlético de Madrid
Spanyol/4
186,0
27.
(27.)
CR Vasco da Gama Rio de Janeiro
Brasil/4
184,0
28.
(25.)
Lille Olympique Sporting Club
Prancis/4
183,0
29.
(27.)
Fulham FC
Inggris/4
182,0
30.
(29.)
Tottenham Hotspur FC
Inggris/4
181,0
31.
(35.)
Sporting Clube de Braga
Portugal/3
177,0

(30.)
Chelsea FC London
Inggris/4
177,0
33.
(31.)
SK Viktoria Plzeň
Rep. Ceko/3
176,5
34.
(47.)
CA Peñarol Montevideo
Uruguay/3
172,0
35.
(36.)
Sporting Clube de Portugal Lisboa
Portugal/3
169,0
36.
(37.)
SSC Napoli
Italia/4
168,0
37.
(38.)
PAOK Thessaloniki
Yunani/3
167,5
38.
(38.)
Olympique Lyonnais
Prancis/4
166,0
39.
(33.)
Glasgow Celtic FC
Skotlandia/3
165,5
40.
(44.)
RSC Anderlecht
Belgia/3
165,0

(40.)
Club de Futbol Monterrey
México/3
165,0
42.
(56.)
SS Lazio Roma
Italia/4
162,0

(40.)
CA Independiente Avellaneda
Argentina/4
162,0
44.
(42.)
FC Zenit St. Petersburg
Rusia/3
161,0
45.
(47.)
Olympique de Marseille
Prancis/4
160,0
46.
(44.)
CB Jeonbuk Hyundai Motors
Korea Selatan/3
159,0
47.
(50.)
Suwon Samsung Blue-Wings FC
Korea Selatan/3
157,5
48.
(53.)
Valencia CF
Spanyol/4
157,0

(51.)
FK Rubin Kazan
Rusia/3
157,0

(51.)
Club Brugge KV
Belgia/3
157,0

(44.)
TSV Bayer 04 Leverkusen
Jerman/4
157,0

(47.)
APOEL Lefkosia
Siprus/2
157,0
53.
(54.)
FC Basel
Swiss/3
154,0
54.
(55.)
FC Shakhtar Donetsk
Ukraina/3
153,5
55.
(71.)
Beşiktaş JK İstanbul
Turki/3
152,0
56.
(57.)
PFC CSKA Moscow
Rusia/3
151,0
57.
(58.)
Wisła Kraków SA
Polandia/2
150,0
58.
(60.)
Cruzeiro EC Belo Horizonte
Brasil/4
149,0
59.
(63.)
CD Once Caldas Manizales
Kolombia/3
148,5

(61.)
FK Metalist Charkow
Ukraina/3
148,5
61.
(33.)
Villarreal CF
Spanyol/4
148,0

(62.)
Stade Rennais FC
Prancis/4
148,0
63.
(43.)
AFC Ajax Amsterdam
Belanda/3
147,5
64.
(64.)
Fluminense FC Rio de Janeiro
Brasil/4
146,0

(75.)
Athletic Club de Bilbao
Spanyol/4
146,0
66.
(65.)
Red Bull Salzburg
Austria/2
145,0
67.
(69.)
Hannoverscher SV 1896
Jerman/4
144,0

(66.)
FC København
Denmark/3
144,0
69.
(73.)
AZ Alkmaar
Belanda/3
143,0

(71.)
CPD Junior Barranquilla
Kolombia/3
143,0

(67.)
Club Estudiantes de La Plata
Argentina/4
143,0

(67.)
CD Godoy Cruz Antonio Tomba Mendoza
Argentina/4
143,0
73.
(69.)
Grêmio Foot-Ball Porto-Alegrense
Brasil/4
142,0
74.
(74.)
Enyimba International FC Aba
Nigeria/2
140,0
75.
(81.)
MAS Fès
Maroko/2
139,5
76.
(75.)
Club Atlético Monarcas Morelia
Meksiko/3
138,0
77.
(75.)
Maccabi Haifa FC
Israel/2
137,0

(78.)
Wydad AC Casablanca
Maroko/2
137,0

(78.)
FK Austria Wien
Austria/2
137,0
80.
(80.)
FC BATE Barysau
Belarusia/2
136,0
81.
(104.)
Trabzonspor K Trabzon
Turki/3
134,5

(81.)
Espérance Sportive de Tunis
Tunisia/2
134,5
83.
(58.)
Udinese Calcio
Italia/4
134,0
84.
(83.)
FC Spartak Moscow
Rusia/3
133,5
85.
(88.)
CCD Tolima Ibague
Kolombia/3
132,0
86.
(85.)
FC Steaua Bucureşti
Rumania/3
131,5
87.
(86.)
FC Lokomotiv Moscow
Rusia/3
131,0
88.
(87.)
NK Maribor (piv. Lazne)
Slovenija/2
130,0
89.
(92.)
Glasgow Rangers FC
Skotlandia/3
128,5

(91.)
KP Legia Warszawa
Polandia/2
128,5

(113.)
Al-Sadd SC Doha
Qatar/2
128,5
92.
(88.)
Club Sport Emelec Guayaquil
Ekuador/3
126,0

(88.)
FBC Olimpia Asunción
Paraguay/3
126,0

(93.)
NK Dinamo Zagreb
Kroasia/2
126,0

(93.)
CR Flamengo Rio de Janeiro
Brasil/4
126,0
96.
(103.)
PAE Olympiakos SFP Pireas
Yunani/3
125,5
97.
(100.)
KRC Genk
Belgia/3
125,0

(96.)
AC Sparta Praha
Česká Republika/3
125,0
99.
(97.)
FC Vaslui
România/3
124,5
100.
(98.)
Nasaf Qarshi FC
Uzbekistan/2
124,0
101.
(101.)
FC Vorskla Poltava
Ukraina/3
123,0

(101.)
FK Ekranas Panevėžys
Lithuania/2
123,0
103.
(139.)
Arsenal FC Sarandí
Argentina/4
122,0

(93.)
Hapoel Tel-Aviv FC
Israel/2
122,0
105.
(131.)
Al-Ahly Cairo
Mesir/3
121,5
106.
(104.)
AA Argentinos Juniors Buenos Aires
Argentina/4
121,0
107.
(107.)
FC Seoul
Korea Selatan/3
120,5

(151.)
Club Deportivo Unión Española Santiago
Cile/3
120,5

(129.)
FM Sepahan Isfahan
Iran/2
120,5
110.
(139.)
Al-Hilal FC Riyadh
Saudi Arabia/2
120,0

(127.)
Juventus FC Torino
Italia/4
120,0
112.
(110.)
FK Partizan Beograd
Serbia/2
119,0

(104.)
BV BoRusia Dortmund
Jerman/4
119,0
114.
(111.)
FC Zürich
Swiss/3
118,5
115.
(107.)
Sociedad Deportivo Quito
Ekuador/3
117,5
116.
(114.)
BSC Young Boys Bern
Swiss/3
116,5

(114.)
AFC Rapid Bucureşti
Rumania/3
116,5
118.
(116.)
Aalesunds FK
Norwegia/2
116,0

(116.)
Coritiba FC
Brasil/4
116,0
120.
(120.)
Al-Hilal Omdurman
Sudan/2
115,0

(120.)
HJK Helsinki
Finlandia/2
115,0

(120.)
ŠK Slovan Bratislava
Slovenia/2
115,0

(120.)
FC Dinamo Tbilisi
Georgia/2
115,0
124.
(124.)
Nagoya Grampus
Jepang/3
114,5
125.
(125.)
Santa Fe CD Bogotá
Kolombia/3
114,0

(131.)
Club Santos Laguna de Torreon
Meksiko/3
114,0

(151.)
Zamalek SC Cairo
Mesir/3
114,0
128.
(125.)
FC Dinamo Bucureşti
România/3
112,5

(119.)
UNAM Ciudad de Mexico
Meksiko/3
112,5
130.
(98.)
Liverpool FC
Inggris/4
112,0
131.
(129.)
FC Sion
Swiss/3
111,5

(137.)
Al-Wehdat Club Amman
Yordania/2
111,5
133.
(131.)
Nacional FBC Asunción
Paraguay/3
111,0

(131.)
Club Nacional de Football Montevideo
Uruguay/3
111,0
135.
(135.)
Cerezo Osaka FC
Jepang/3
110,0

(135.)
Grupo Desportivo Interclube Luanda
Angola/2
110,0

(116.)
AEK Larnaka
Siprus/2
110,0
138.
(107.)
AEK Athens
Yunani/3
109,5
139.
(137.)
Malmö FF
Swedia/2
108,5
140.
(139.)
CSD Colo Colo Santiago
Cile/3
108,0

(139.)
Botafogo FR Rio de Janeiro
Brasil/4
108,0

(163.)
Muang Thong United FC
Thailand/2
108,0
143.
(143.)
Seattle Sounders FC
AS/2
107,5
144.
(158.)
CF América Ciudad de México
Meksiko/3
107,0
145.
(144.)
CA Lanús
Argentina/4
106,0
146.
(146.)
Kashiwa Reysol
Jepang/3
105,5

(146.)
Odense BK
Denmark/3
105,5
148.
(148.)
FC Gamba Osaka
Jepang/3
105,0
149.
(144.)
Cotonsport FC de Garoua
Kamerun/2
104,0

(149.)
CA Boca Juniors Buenos Aires
Argentina/4
104,0
151.
(154.)
CS Gaz Methan Medias
România/3
103,0

(154.)
SK Sturm Graz
Austria/2
103,0

(154.)
SC Corinthians Paulista São Paulo
Brasil/4
103,0
154.
(159.)
São Paulo FC
Brasil/4
102,0

(176.)
Al-Ittihad Club Jeddah
Saudi Arabia/2
102,0
156.
(171.)
Gaziantepspor Gaziantep
Turki/3
101,5

(151.)
Club Africain Tunis
Tunisia/2
101,5
158.
(183.)
Al-Kuwait SC Kaifan
Kuwait/2
100,0

(127.)
AS Roma
Italia/4
100,0
160.
(251.)
Esteghlal FC Tehran
Iran/2
99,0
161.
(84.)
Sevilla FC
Spanyol/4
98,0

(112.)
US Citta di Palermo
Italia/4
98,0

(162.)
SE Palmeiras São Paulo
Brasil/4
98,0

(154.)
Maccabi Tel-Aviv
Israel/2
98,0
165.
(163.)
Los Angeles Galaxy
AS/2
97,0

(163.)
FK Ventspils
Latvia/2
97,0

(173.)
Mouloudia Club d'Alger
Aljazair/2
97,0
168.
(167.)
FK Baumit Jablonec
Rep. Ceko/3
96,5
169.
(149.)
Kashima Antlers FC
Jepang/3
96,0

(169.)
Ceará SC Fortaleza
Brasil/4
96,0

(159.)
Birmingham City FC
Inggris/4
96,0

(169.)
Shamrock Rovers FC
Irlandia/2
96,0

(205.)
CD Isidro Metapán
El Salvador/2
96,0
174.
(171.)
FK Rabotnički Skopje
Makedonia/2
95,5

(163.)
Jaguares de Chiapas Tuxtla Gutiérrez
Meksiko/3
95,5
176.
(173.)
FK Zestafoni
Georgia/2
95,0

(161.)
Linfield FAC
Irlandia Utara/2
95,0
178.
(200.)
Fenerbahçe SK İstanbul
Turki/3
94,5

(175.)
CD Cruz Azul Ciudad de México
Meksiko/3
94,5
180.
(220.)
UD Levante
Spanyol/4
94,0

(176.)
VfL BoRusia Mönchengladbach
Jerman/4
94,0
182.
(180.)
Universitario de Deportes Lima
Perú/3
93,0
183.
(167.)
Sunshine Stars FC Akure
Nigeria/2
92,5

(182.)
ASEC Mimosas Abidjan
Pantai Gading/2
92,5
185.
(183.)
Lorient FC
Prancis/4
92,0

(247.)
Club El Nacional Quito
Ekuador/3
92,0

(195.)
Zobahan CSC Isfahan
Iran/2
92,0
188.
(193.)
CSD Comunicaciones Guatemala City
Guatemala/2
91,5
189.
(186.)
NK Olimpija Ljubljana
Slovenia/2
91,0
190.
(226.)
Sawahel Alexandria (Haras Hodoud)
Mesir/3
90,5
191.
(187.)
KR Reykjavík
Islandia/2
90,0

(187.)
FC Spartak Trnava
Slovenia/2
90,0

(187.)
Universitario de Nuevo León Monterrey
Meksiko/3
90,0

(187.)
ZESCO United FC Ndola
Zambia/2
90,0

(187.)
FC Metalurgist Rustavi
Georgia/2
90,0
196.
(192.)
BK Häcken Göteborg
Swedia/2
89,0

(176.)
Liga Deportiva Alajuelense Alajuela
Kosta Rika/2
89,0
198.
(200.)
CD La Equidad Bogotá
Kolombia/3
88,5

(193.)
Tampines Rovers FC
Singapura/2
88,5
200.
(195.)
FC Thun 1898
Swiss/3
88,0

(195.)
FC Midtjylland
Denmark/3
88,0

(211.)
KVC Westerlo
Belgia/3
88,0

(180.)
Caracas FC
Venezuela/2
88,0
204.
(198.)
FC Dallas
AS/2
87,5

(185.)
Club Sport Herediano
Kosta Rika/2
87,5

(198.)
Chonburi FC
Thailand/2
87,5
207.
(215.)
Motherwell FC
Skotlandia/3
87,0
208.
(205.)
OGC Nice
Prancis/4
86,0

(205.)
IF Elfsborg Borås
Swedia/2
86,0

(205.)
FK Bunyodkor Tashkent
Uzbekistan/2
86,0

(200.)
Panathinaikos AO Athens
Yunani/3
86,0
212.
(242.)
Bursaspor K Bursa
Turkia/3
85,5
213.
(211.)
FK Crvena zvezda Beograd
Serbia/2
85,0

(236.)
Al-Shabab FC Riyadh
Saudi Arabia/2
85,0

(226.)
Arbil Sport Club
Iraq/2
85,0
216.
(179.)
Dundee United FC
Skotlandia/3
84,5

(214.)
Jeunesse Sportive de Kabylie
Aljazair/2
84,5

(226.)
CD Nacional Madeira Funchal
Portugal/3
84,5
219.
(215.)
FC Flora Tallínn
Estonia/2
84,0

(215.)
FC de Toulouse
Prancis/4
84,0
221.
(219.)
FC Nordsjælland (Farum)
Denmark/3
82,5

(318.)
Al-Qadsia SC Kuwait-City
Kuwait/2
82,5
223.
(220.)
CA Tigre
Argentina/4
82,0

(211.)
Real San Luis FC
México/3
82,0

(220.)
Figueirense FC Florianópolis
Brasil/4
82,0

(220.)
Málaga CF
Spanyol/4
82,0

(229.)
Éntente Sportife de Sétif
Aljazair/2
82,0

(220.)
Bnei Yehuda FC Tel-Aviv
Israel/2
82,0

(220.)
Montpellier Hérault Sports Club
Prancis/4
82,0
230.
(203.)
Omonia FC Lefkosia
Siprus/2
81,5

(293.)
Galatasaray SK İstanbul
Turki/3
81,5
232.
(229.)
WSK Śląsk Wrocław
Polandia/2
81,0

(229.)
CD Saprissa San Juan de Tibás San José
Kosta Rika/2
81,0

(229.)
Toronto FC (Canada)
AS/2
81,0

(243.)
Anorthosis Ammochostos
Siprus/2
81,0
236.
(234.)
Tianjin Teda FC
Cina/2
80,5
237.
(215.)
Newcastle United FC
Inggris/4
80,0

(236.)
AC Fiorentina Firenze
Italia/4
80,0

(205.)
VfB Stuttgart
Jerman/4
80,0

(236.)
St. Patrick's Athletic FC
Irlandia/2
80,0

(236.)
Racing Club Avellaneda
Argentina/4
80,0
242.
(210.)
Heart of Midlothian FC Edinburgh
Skotlandia/3
79,5
243.
(365.)
Provincial Electronic Authority Buriram
Thailand/2
79,0

(281.)
İstanbul BB
Turki/3
79,0

(243.)
SV Ried
Austria/2
79,0

(243.)
CD Universidad San Martín de Porres
Perú/3
79,0

(243.)
FC Pohang Steelers
Korea Selatan/3
79,0
248.
(236.)
FC Sochaux-Montbeliard
Prancis/4
78,0

(247.)
FK Vojvodina Novi Sad
Serbia/2
78,0

(236.)
Club Atlético Osasuna
Spanyol/4
78,0

(247.)
FC Dacia Chişinău
Moldova/2
78,0
252.
(318.)
Genclerbirligi K Ankara
Turki/3
77,5
253.
(251.)
PFC Litex Lovech
Bulgaria/2
77,0

(251.)
Helsingborg IF
Swedia/2
77,0

(251.)
Paksi SE
Hongaria/2
77,0
256.
(256.)
KAA Gent
Belgia/3
76,5

(229.)
ADO Den Haag
Belanda/3
76,5
258.
(257.)
1. FSV Mainz 05
Jerman/4
76,0

(257.)
Clube Atletico Paranaense Curitiba
Brasil/4
76,0

(257.)
CA Colón de Santa Fe
Argentina/4
76,0

(264.)
TCDK Sông Lam Nghe An Vinh
Vietnam/2
76,0

(257.)
CSD Leon de Huánuco
Perú/3
76,0

(351.)
ENPPI Cairo
Mesir/3
76,0

(335.)
AC Chievo Verona
Italia/4
76,0

(346.)
Persepolis FC Tehran
Iran/2
76,0
266.
(263.)
SK Karpaty Lviv
Ukraina/3
75,5
267.
(335.)
Al-Faysali Club Amman
Yordania/2
75,0

(267.)
CSD Municipal Guatemala City
Guatemala/2
75,0
269.
(234.)
St. Johnstone FC Perth
Skotlandia/3
74,5

(266.)
Sligo Rovers FC
Irlandia/2
74,5
271.
(251.)
Sriwijaya FC Palembang
Indonesia/2
74,0

(267.)
FC Oţelul Galaţi
Rumania/3
74,0

(286.)
FC Girondins de Bordeaux
Prancis/4
74,0

(267.)
AS de Saint-Etienne
Prancis/4
74,0

(371.)
RCD Espanyol Barcelona
Spanyol/4
74,0

(267.)
Videoton FC Székesféhervár
Magyarország/2
74,0

(267.)
Real Salt Lake
AS/2
74,0

(267.)
Pakhtakor FK Tashkent
Uzbekistan/2
74,0

(267.)
SK Liepajas Metalurgs
Latvia/2
74,0

(267.)
SV Werder Bremen
Jerman/4
74,0
281.
(332.)
Al-Wahda SCC Abu Dhabi
UAE/2
73,5

(295.)
CDC Atlético Nacional Medellín
Kolombia/3
73,5
283.
(281.)
Al-Merreikh Omdurman
Sudan/2
73,0

(281.)
Ulsan Hyundai Horangi FC
Korea Selatan/3
73,0
285.
(295.)
Glentoran FC Belfast
Irlandia Utara/2
72,5

(285.)
Seongnam Ilhwa Chunma FC
Korea Selatan/3
72,5

(203.)
Ethikos Olympiakos Volos
Yunani/3
72,5

(295.)
Atromitos Athinen
Yunani/3
72,5
289.
(267.)
FC Genoa 1893
Italia/4
72,0

(295.)
CD Los Millonarios Bogotá
Kolombia/3
72,0

(371.)
Real Club Deportivo Mallorca
Spanyol/4
72,0

(286.)
Club Olimpo Bahía Blanca
Argentina/4
72,0

(286.)
FC Yokohama F. Marinos
Jepang/3
72,0

(257.)
Everton FC
Inggris/4
72,0

(247.)
Aston Villa FC
Inggris/4
72,0

(335.)
Bolton Wanderers FC
Inggris/4
72,0

(303.)
Catania Calcio
Italia/4
72,0

(286.)
Avai FC Florianopolis
Brasil/4
72,0
299.
(292.)
Home United FC
Singapura/2
71,5

(418.)
SC Lokeren
Belgia/3
71,5
301.
(293.)
RAJA Casablanca
Maroko/2
71,0
302.
(279.)
Club Deportivo Guadalajara
Meksiko/3
70,5

(295.)
Clube Desportivo 1° de Agosto Luanda
Angola/2
70,5

(295.)
FC Dnipr Dnipropetrovsk
Ukraina/3
70,5

(279.)
Barcelona Sporting Club Guayaquil
Ekuador/3
70,5
306.
(335.)
Real Racing Club de Santander
Spanyol/4
70,0

(303.)
Atlético Clube Goianiense Goiânia
Brasil/4
70,0

(303.)
CSKA Sofia
Bulgaria/2
70,0

(257.)
CD Oriente Petrolero Santa Cruz
Bolivia/2
70,0

(281.)
CrASders FC
Irlandia Utara/2
70,0

(303.)
West Bromwich Albion FC
Inggris/4
70,0

(303.)
FC Sheriff Tiraspol
Moldova/2
70,0

(303.)
CA All Boys
Argentina/4
70,0
314.
(312.)
FK Mladá Boleslav
Rep. Ceko/3
69,5

(312.)
FK Garabagh Agdam
Azerbaijan/1
69,5

(312.)
FC Dinamo Moscow
Rusia/3
69,5
317.
(315.)
Asociación Deportivo Cali
Kolombia/3
69,0

(315.)
NK Varazdin
Kroasia/2
69,0
319.
(320.)
Dynamos FC Harare
Zimbabwe/2
68,0

(371.)
AS de Nancy-Lorraine
Prancis/4
68,0

(267.)
FC Parma
Italia/4
68,0

(303.)
AJ Auxerroise
Prancis/4
68,0

(320.)
Tromsö IL
Norge/2
68,0

(320.)
CA Mineiro Belo Horizonte
Brasil/4
68,0

(351.)
Stade Brest
Prancis/4
68,0

(264.)
Persipura Jayapura
Indonesia/2
68,0
327.
(295.)
Tacuary FBC Asunción
Paraguay/3
67,5

(325.)
FK Metalurg Skopje
Macedonia/2
67,5

(325.)
Guaraní FC Asunción
Paraguay/3
67,5

(325.)
KKS Lech Poznań
Polandia/2
67,5

(295.)
Club Deportivo Cuenca
Ekuador/3
67,5
332.
(418.)
KV Kortrijk
Belgia/3
67,0

(329.)
FC Levadia Tallínn
Estonia/2
67,0

(351.)
CD Olimpia Tegucigalpa
Honduras/2
67,0

(329.)
Vegalta Sendai
Jepang/3
67,0

(351.)
Al-Nasr Riyadh
Saudi Arabia/2
67,0

(475.)
Lierse SK
Belgia/3
67,0
338.
(418.)
Al-Jazeera Abu Dhabi
UAE/2
66,5

(325.)
Coleraine FC
Irlandia Utara/2
66,5

(332.)
Motor Action FC Harare
Zimbabwe/2
66,5

(332.)
Shandong Luneng Taishan
Cina/2
66,5
342.
(449.)
Getafe FC
Spanyol/4
66,0

(335.)
Ferencvárosi TC Budapest
Hungaria/2
66,0

(303.)
Valenciennes AFC
Prancis/4
66,0

(335.)
Club Juan Aurich de Chiclayo
Perú/3
66,0

(335.)
Jeju United FC
Korea Selatan/3
66,0

(315.)
CD Aurora Cochabamba
Bolivia/2
66,0

(349.)
Envigado FC
Kolombia/3
66,0

(303.)
TSG Hoffenheim
Jerman/4
66,0

(335.)
Club Alianza Lima
Perú/3
66,0

(335.)
DC Motema Pembe Kinshasa
Congo DR/2
66,0
352.
(351.)
Aberdeen FC
Skotlandia/3
65,5

(368.)
Al-Ain Sports & Cultural Club
UAE/2
65,5

(345.)
JK Trans Narva
Estonia/2
65,5
355.
(371.)
Real CD Spanyol San Pedro Sula
Honduras/2
65,0

(346.)
FC Slovan Liberec
Rep. Ceko/3
65,0
357.
(457.)
Al-Ismailia
Mesir/3
64,5
358.
(267.)
1.FC Kaiserslautern
Jerman/4
64,0

(329.)
Portadown FC
Irlandia Utara/2
64,0

(351.)
FC Honka Espoo
Finlandia/2
64,0

(286.)
SM Caen
Prancis/4
64,0

(351.)
SK SIGMA Olomouc
Rep. Ceko/3
64,0

(351.)
PFK Levski Sofia
Bulgaria/2
64,0

(320.)
KS Vllaznia Shkodër
Albania/2
64,0

(351.)
CA San Lorenzo de Almagro Buenos Aires
Argentina/4
64,0
366.
(380.)
ASC Diaraf Dakar
Sénégal/2
63,5

(363.)
KSV Cercle Brugge
Belgia/3
63,5

(363.)
Dempo Sports Club Goa
India/2
63,5
369.
(371.)
Auckland City FC
New Zealand/2
63,0

(393.)
Ittihad Al-Shorta
Mesir/3
63,0

(400.)
Real Estelí FC
Nicaragua/2
63,0

(365.)
Shimizu FC S-Pulse
Jepang/3
63,0
373.
(368.)
Colorado Rapids Denver
AS/2
62,5

(368.)
AC Horsens
Denmark/3
62,5
375.
(465.)
Kelantan FA Kota Bahru
Malaysia/2
62,0

(418.)
Inverness Caledonian Thistle FC
Skotlandia/3
62,0

(371.)
FK Sūduva Marijampole
Lithuania/2
62,0

(465.)
PBS Kuala Terengganu FA
Malaysia/2
62,0

(371.)
Esporte Clube Bahia Salvador
Brasil/4
62,0

(371.)
Heracles Almelo
Belanda/3
62,0

(393.)
T & T Hanoi
Vietnam/2
62,0

(286.)
Real Sporting de Gijon
Spanyol/4
62,0

(393.)
Stade Malien de Bamako
Mali/1
62,0
384.
(349.)
CD Cobreloa Calama
Cile/3
61,5

(551.)
Sivas Spor Kalübü (Sivasspor)
Turki/3
61,5

(418.)
Al-Rayyan SC Doha
Qatar/2
61,5

(380.)
CFR 1907 Cluj
Rumania/3
61,5

(403.)
Feyenoord Rotterdam
Belanda/3
61,5

(380.)
MŠK Žilina
Slovenia/2
61,5

(380.)
Independiente FBC
Paraguay/3
61,5
391.
(389.)
Kescskemeti TE
Hongaria/2
61,0

(389.)
JK Nõmme Kalju
Estonia/2
61,0

(407.)
Tauro FC Panamá-City
Panamá/2
61,0
394.
(391.)
FK Rostov
Rusia/3
60,5
395.
(407.)
Al-Ittihad Aleppo
Syria/2
60,0

(351.)
Cagliari Calcio
Italia/4
60,0

(540.)
Al-Ittifaq Dammam
Saudi Arabia/2
60,0

(380.)
Central Coast Mariners FC Gosford
Australia/3
60,0

(393.)
FC Astra Ploieşti
România/3
60,0

(407.)
Real Sociedad de Futbol San Sebastián
Spanyol/4
60,0

(335.)
1.FC Köln
Jerman/4
60,0

(393.)
CA Banfield
Argentina/4
60,0

(267.)
1.FC Nürnberg
Jerman/4
60,0

(428.)
KV Mechelen
Belgia/3
60,0

(400.)
Valletta FC
Malta/1
60,0
( ) place in the month before